Pages

Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro mengeluarkan surat Himbauan Membaca Ayat Suci Al-Quran di Sekolah



Dalam usaha membangun karakter  bangsa sejak dini terutama para peserta didik di SD sebagai generasi penerus bangsa dan juga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha esa, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro mengeluarkan surat edara berupa himbauan membaca ayat suci Al-Quran di sekolah-sekolah. Edara tersebut tertanggal 18 November 2013 dengan nomor surat 80/7498/412.40/2013 yang ditujukan kepada kepala UPTD Pendidikan se-Kabupaten Bojonegoro, untuk diteruskan kepada semua sekolah dijajaran Dinas Pendidikan Kab. Bojonegoro.

Himbauan Kadindik Bojonegoro tersebut perlu kita acungi jempol. Karena kita sudah sering melihat secara langsung maupun lewat tayangan dimedia elektronik tentang sikap tingkah laku atau perilaku beberapa anak remaja mulai seusia SD sampai para remaja yang sangat miris dihati karena tidak lagi beretika dan berkarakter bangsa Indonesia, yang sopan, santun, gotongroyong dan kerjasama yang dimiliki oleh karakter bangsa Indonesia.
Kegiatan membaca al-Quran di sekolah-sekolah tersebut menurut harapan beliau diprogramkan secara rutin dibawah bimbingan guru-guru di sekolah dan terjadwal yang ditetapkan oleh sekolah masing-masing. Bahkan kegiatan tersebut dilaporkan ke Dinas Pendidikan.

Oleh karena itu pendidikan karakter harus diterapkan sejak dini di lingkungan sekolah yang akhirnya menjadi kebiasaan anak untuk diimplikasikan di rumah di jalan dan di mana saja anak berada. Karakter tidak bisa diwariskan, karakter tidak bisa dibeli dan karakter tidak bisa ditukar. Karakter harus DIBANGUN dan DIKEMBANGKAN secara sadar hari demi hari dengan melalui suatu PROSES yang tidak instan. Karakter bukanlah sesuatu bawaan sejak lahir yang tidak dapat diubah lagi seperti sidik jari.

Perlu diketahuilah bahwa setiap anak mempunyai potensi untuk menjadi seorang pribadi yang berkarakter, Karakter itu lebih dari apapun dan akan menjadikan anak seorang pribadi yang memiliki nilai tambah. Karakter akan melindungi segala sesuatu dalam kehidupan ini.

Setiap anak manusia bertanggung jawab atas karakternya. Anak memiliki KONTROL PENUH atas karakter dirinya, artinya seorang anak tidak dapat menyalahkan orang lain atas karakter orang lain.

Pendidikan karakter, sekarang ini mutlak diperlukan bukan hanya di sekolah saja, tapi dirumah dan di lingkungan sosial. Bahkan sekarang ini peserta pendidikan karakter bukan lagi anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Mutlak perlu untuk kelangsungan hidup Bangsa ini. Semoga.

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.